18
Logo 18.png

Fasilitas Pemulihan Energi Plastik Dengan Konteks Perkotaan dan Komunitas

Marcellus Lucky Tanong

NIM:        315170069

UNIT:        7

NO. HP:   085892099905

Fasilitator Utama:

Suwardana Winata, S.T., M.Arch

Fasilitator Pendamping:

Dr. Ir. Samsu Hendra Siwi, M.Hum

Ir. F. Tatang H. Pangestu, M.Ars.

Doddy Yuono, S.T., M.T.

Kartu 18.jpg

Plastik merupakan material yang murah, tidak mudah rusak, ringan, dan anti-karat. Plastik sebagai material sintetis memiliki peran yang begitu besar dan bermacam-macam kepada pola hidup masyarakat sekarang ini. Namun, plastik yang kita kenal dan seringkali digunakan akhirnya berakhir menjadi sampah yang menumpuk dan dikarenakan sifatnya yang tidak mudah terurai secara biologis menyebabkan sampah plastik akan terus menumpuk. Tumpukan sampah atau limbah plastik tersebut akhirnya menjadi polutan dan mencemarkan lingkungan dan makhluk hidup.

Melihat permasalahan tersebut, muncul upaya-upaya untuk mengurangi jumlah plastik yang terbuang. Berbagai upaya seperti reduce, recycle, dan reuse memang memiliki peran dalam mengurangi sampah plastik yang dihasilkan, tetapi sampah plastik itu tetap akan menumpuk. Oleh karena itu, diperlukan fasilitas yang bisa mengolah sampah plastik yang ada menjadi bermanfaat dan disisi inilah peran dari fasilitas pemulihan energi plastik berada. Fasilitas ini bertujuan mengubah sampah plastik menjadi energi berupa minyak bahan bakar dengan proses pemecahan ikatan material plastik dengan kalor (pyrolysis process). 

Untuk menciptakan sebuah fasilitas pemulihan energi plastik yang dapat mengundang masyarakat umum untuk hadir dan juga menciptakan sebuah suasana ruang yang hidup maka diterapkan strategi desain yang mengajak interaksi antara fasilitas pemulihan energi plastik dengan masyarakat dan juga alam. Fasilitas dibuat untuk menghadirkan kedinamisan bentuk, suasana, dan interaksi pada tapak. Selain itu, sebagai fasilitas pemulihan energi plastik yang tentunya memerlukan banyak energi untuk beroperasi, diterapkan juga sistem energy recovery untuk memaksimalkan energi yang terbuang dan bisa dimanfaatkan kembali. Semua strategi ini bertujuan untuk membuat sebuah fasilitas yang peka dengan konteks lingkungan perkotaan dan komunitas yang ada.

Postpro 18.jpg
Perspektif Bangunan Eksterior
Perspektif Bangunan Eksterior

press to zoom
Perspektif Entrance Utama
Perspektif Entrance Utama

press to zoom
Potongan perspektif
Potongan perspektif

press to zoom
1/5
Panel 18 - 1.png
Panel 18 - 2.png
Panel 18 - 3.jpg