9
Logo 9.jpg

Forest Tour
in Dayak Kanayatn Village

Canggita Lusya

Fasilitator Utama:

Ir. Sutarki Sutisna. M.Ars.

NIM:        315170068

UNIT:        2

NO. HP:   08115775288

Fasilitator Pendamping:

Ir. Agustinus Sutanto, M.Arch., M.Sc., Ph.D.

Dr. Ir. Danang Priatmodjo, M.Arch.

Kartu 9.jpg

Proyek ini mengangkat masalah lunturnya budaya Dayak Kanayatn di Desa Korek pada generasi muda. 

 

Kehidupan masyarakat lokal masih sangat bergantung pada hutan, dimana masyarakat Dayak memiliki persepsi holistik terhadap hutan. Bagi mereka, hutan tidak hanya bermakna ekonomi melainkan juga sosio budaya dan religius. Tingkat deforestasi hutan di Kalimantan yang sangat tinggi menyebabkan alam dan budaya pada masyarakat lokal mulai terpinggirkan akibat tidak mampunya budaya beradaptasi dengan perubahan kondisi kawasan (dengan hilangnya tutupan hutan / deforestasi), sehingga penelitian ini dilakukan penerapan pemberdayaan budaya yaitu, dengan memperkuat ekowisata budaya di daerah setempat dan menciptakan kehidupan masa lampau, yang dapat mengingatkan kembali budaya Dayak Kanayatn di Desa Korek.

 

Nilai utama yang memfasilitasi proyek ini yaitu forest tour yang mengisahkan makna hutan rimba bagi masyarakat Dayak, yang bernilai sangat penting bagi kehidupan aktivitas sehari – hari mereka dan diibaratkan sebagai tempat berteduh dan taman bermain dikala masyarakat merasa jenuh bekerja dan jenuh dirumah. Berawal dari menggoreskan garis pada secarik kertas mengikuti pola tanaman pada tapak sebagai dasar menggambar untuk membentuk sirkulasi. Studi pendekatan arsitektur dengan pendekatan tipologi Dayak Kanayatn, pantun syair lagu tarian jonggan dan pola pemukiman Desa Korek, dimana diterapkan dalam elemen perancangan yang membentuk zoning, pola sirkulasi, orientasi bangunan, dan bentuk bangunan.


Hasil penelitian berupa desain ekowisata budaya Dayak Kanayatn dengan penerapan aspek beyond ecology. Mengenai interaksi antara budaya, manusia si pengguna dan hubungannya dengan alam, dimana sebuah budaya Dayak Kanayatn yang beradaptasi dengan perkembangan zaman dan aktivitasnya dengan hutan sebagai taman bermain dan tempat berteduh dikala mendengar kicauan burung dan suara air.

Postpro 9.jpg
Potongan 3D Wisata dan Rest Area
Potongan 3D Wisata dan Rest Area

press to zoom
Perspektif Hunian dan Ritual
Perspektif Hunian dan Ritual

press to zoom
Perspektif Forest Tour in Dayak Kanayatn Village
Perspektif Forest Tour in Dayak Kanayatn Village

press to zoom
1/5
Panel 9 - 1.jpg
Panel 9 -2.jpg
Panel 9 -3.jpg