12
Logo 12.png

NORMAL LIVING
RUMAH KERJA KURSI RODA

Jihan Nurmaulida

NIM:        315170208

UNIT:        4

NO. HP:   081617643130

Fasilitator Utama:

Suryono Herlambang, S.T., M. Sc.

Fasilitator Pendamping:

M. Veronica Gandha, S.T., M. Arch.

Ir. Timmy Setiawan, M.Ars, IAI

Kartu 12.jpg

Berlatar belakangi isu difabel yang kian berujung menjadi pengangguran lalu hidup miskin karena terjadinya diskriminasi terhadap mereka, atau tidak mendapatnya hak dan kesempatan yang sama seperti kalangan masyarakat lainnya.  Yang bahkan bisa dilihat dari sisi arsitektur pun, sebagian besar sebuah ruang berisi penghalang fisik yang secara tidak sengaja menciptakan “desain apartheid”, di mana penyandang disabilitas dikecualikan dari area karena tata letak ruang yang tidak dapat diakses.

Normal Living merupakan sebuah proyek berlokasi di Sunter Agung dimana para tuna daksa berkursi roda diberi pekerjaan pada industri kebaya, gaun dan jas, yang nanti nya akan mereka pamerkan melalui wheelchair dance & fashion runway. Mereka diberi penghidupan layak yaitu diberi akomodasi tempat tinggal dengan adanya farming sebagai suplai makanan mereka, dan tentu sebagai tempat mereka mendapatkan moral support lewat hidup berkomunitas.  

Normal Living ini bertujuan untuk mengubah stigma buruk yang beredar di masyarakat kalau mereka tidak bisa melakukan apa-apa, mengubah dari internal diri mereka sendiri  untuk membuat mereka merasa percaya diri bahwa mereka normal, karena bahwasanya, pelabelan normal dan tidak normal hanyalah sebuah persepsi.  Sehingga secara implisit, Normal Living bertujuan sebagai produk arsitektural yang berkampanye akan kesetaraan. Melakukan aktivitas yang dianggap mereka tidak bisa lakukan lewat entertainment - menari dan menjadi fashionable. Untuk mencapai tujuan dari proyek ini, metode perancangan yang digunakan pada Normal Living ini yang pertama yaitu kenyamanan mereka para pengguna kursi roda adalah prioritas utama, lalu persepsi spasial untuk membentuk persepsi kepada para pengguna bangunan, yang kedua berbentuk program kolektif dan ketiga, menegaskan aspek transpansi pada material untuk pembuktian.

Postpro 12.jpg
STRUKTUR
STRUKTUR

press to zoom
PERSPEKTIF
PERSPEKTIF

press to zoom
POTONGAN 3D
POTONGAN 3D

press to zoom
1/5
Panel 12 - 1.jpg
Panel 12 - 2.jpg
Panel 12 - 3.jpg