24
Logo 24.jpg

Psychological Care Centre
PUSAT PERAWATAN PSIKOLOGIS UNTUK PEKERJA DI LINGKUNGAN BISING – KAWASAN JABABEKA

Juan Vinandy

NIM:        315170065

UNIT:        8

NO. HP:   082297792221

Fasilitator Utama:

Ir. Suwandi Supatra, M.T.

Fasilitator Pendamping:

Dr. (Cand.) Denny Husin, S.T., MA H&U

Alvin Hadiwono S.T., M.T.

Ir. Djidjin Wipranata, M.Ars.

Kartu Nama 24.jpg

Percepatan teknologi menjadi suatu solusi bagi kehidupan manusia. Namun tidak hanya memberikan dampak positif, hal tersebut juga memberikan dampak negatif. Mengambil contoh sektor industri, penggunaan mesin sebagai alat bantu dalam bekerja tentunya membantu pengerjaan, tetapi juga ada hal negatif yang dihasilkan, seperti keselamatan dan kenyamanan pekerja yang dipertaruhkan.

Mesin pada sektor industri tercatat dapat menghasilkan intensitas suara melebihi 80 desibel, padahal WHO sendiri telah menyatakan bahwa suara akan menjadi berbahaya bila melebihi 75 dB dan menyakitkan diatas 120 dB. Tentunya suara-suara tersebut bukan dibiarkan tanpa penanganan. Para pekerja yang bekerja berdampingan dengan mesin dibantu dengan pelindung telinga demi kesehatan fisik mereka, namun secara psikis masih belum ada penyeimbangnya.

Pusat Perawatan Psikologis Jababeka diharapkan dapat menjadi salah satu solusi atas dampak negatif tersebut. Dengan dampak kebisingan yang dihadapi para pekerja yang dapat membuat mereka depresi, maka bangunan ini menyediakan fungsi dan desain yang dapat menjaga kesehatan psikis para pekerja. Kegiatan seperti yoga, meditasi, dan berkumpul sebagai suatu komunitas adalah suatu langkah penyembuhan yang dihasilkan dari segi preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Mengambil metode biofilik desain diharapkan bangunan yang dibuat terhubung lebih dekat dengan alam, dapat menciptakan lingkungan binaan yang lebih produktif dan sehat bagi manusia sehingga menciptakan hidup yang lebih sehat dan seimbang.

Postpro 24.jpg
5 PERSPEKTIF
5 PERSPEKTIF

press to zoom
1 SITEPLAN
1 SITEPLAN

press to zoom
2 POTONGAN PERSPEKTIF
2 POTONGAN PERSPEKTIF

press to zoom
1/5
Panel 24 - 1.jpg
Panel 24 - 2.jpg
Panel 24 - 3.jpg