5
Logo 5.jpg

TANA MODO
Konservasi Habitat Komodo di Pulau Komodo

Joshua Keefe

NIM:        315170032

UNIT:        2

NO. HP:   0818825475

Fasilitator Utama:

Ir. Agustinus Sutanto, M.Arch., M.Sc., Ph.D.

Fasilitator Pendamping:

Ir. Sutarki Sutisna. M.Ars.

Dr. Ir. Danang Priatmodjo, M.Arch.

Kartu 5.jpg

Berawal dari kehidupan yang bahagia dimana perkampungan manusia dengan komodo hidup saling berdampingan. Secara turun-temurun, masyarakat desa Komodo memiliki kepercayaan totemisme dari kisah legenda Putri Najo yang melahirkan dua anak kembar laki-laki, yang satu berwujud manusia dan satu lagi berwujud komodo. Pada masa itu, manusia saling membagikan hasil buruannya kepada komodo. Sekarang kampung Komodo yang hidupnya pada sektor pariwisata akan dialokasikan ke pulau lain oleh pemerintah. Ketika orang Komodo gelisah, banyak komodo berenang kemana-mana. Terasa ada hubungan darah daging dan batin antara komodo dengan manusia. Warga menolak keras dan lebih baik mati daripada harus pindah dari desa yang mereka sebut ‘tumpah darah’ mereka. Ditambah ancaman putusnya rantai makanan komodo akibat perburuan liar rusa Timor oleh masyarakat ilegal. 
Tujuan dari penelitian ini berfokus dalam mengangkat nilai keluhuran desa Komodo dengan keberadaan komodo akibat putusnya rantai tradisi totemisme dan kelangkaan komodo. Penelitian ini menggunakan metode mesin keruangan bertujuan menghidupkan ruang nafas komodo yang bermutualisasi dengan keseharian desa diangkat dari kisah legenda Putri Najo ke lokus aslinya di masa lampau. Pengalaman yang penulis bagikan merupakan sebuah pemikiran perencanaan sistem sosial dan ekosistem di Pulau Komodo sebagai jawaban dari “Melampaui Ekologi”. Tipologi bangunan konservasi yang bertujuan melindungi, merawat, mengembangbiakkan dimana komodo bukan sekadar hewan, tetapi saudara sedarah. 
Inilah Tana Modo: konservasi komodo antara menciptakan wisata reptil ‘liar’ dan menjalin kembali ‘saudara sedarah’, legenda Putri Najo.

Postpro 5.jpg
Mesin Bunyi Ritual
Mesin Bunyi Ritual

press to zoom
Perspektif Best View
Perspektif Best View

press to zoom
Potongan 3D
Potongan 3D

press to zoom
1/5
Panel 5 - 1.jpg
Panel 5 - 2.jpg
Panel 5 - 3.jpg